KLASIFIKASI DAN JENIS MEDIA PEMBELAJARAN


KLASIFIKASI DAN JENIS MEDIA PEMBELAJARAN 




PENDAHULUAN
        Sebelumnya pada kegiatan pembelajaran yang telah Anda lakukan, media pembelajaran apa yang pernah bahkan mungkin sering Anda gunakan? Mungkin akan banyak sekali media yang pernah digunakan, misalnya: untuk pembelajaran bahasa digunakan radio, untuk pembelajaran olah raga digunakan televisi, untuk pembelajaran IPA digunakan media gambar, dan banyak media lainnya.

         Selanjutnya pada modul ketiga ini akan dijelaskan tentang pengelompokkan atau klasifikasi dan jenis dari media-media tersebut. Hal ini terkait dengan sangat beragamnya media yang dapat dimanfaatkan dan dioptimlakan dalam kegiatan pemeblajaran. Tidak ada media yang tepat untuk semua kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu untuk meningkatkan kemampuan peserta didik itu tidak dapat hanya dihampiri oleh satu media saja melainkan oleh media lain atau bahkan mungkin harus dengan berbagai media.

A. KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN 

         Media pembelajaran dapat menjadi beberapa klasifikasi tergantung dari sudut mana melihatnya (Wina Sanjaya, 2012:118).
1. Dilihat dari sifatnya, media dapat dibagi ke dalam:
Media auditif, yaitu media yang hanya dapat didengar saja, atau media yang hanya memiliki unsur suara, seperti radio, tape recorder, kaset, piringan hitam dan rekaman suara
Media visual yaitu media yang hanya dapat dilihat saja, tidak mengandung unsur suara. Beberapa hal yang termasuk kedalam media ini adalah film slide, foto, transparansi. Lukisan, gambar, dan berbagai bentuk bahan yang dicetak seperti media grafis dan lain sebagainya, Media audio visual, yaitu jenis media yang selain mengandung unsur suara juga mengandung unsur gambar yang dapat dilihat, seperti misalnya rekaman video, berbagai ukuran film,slide suara dan lain sebagainya. Kemampuan media inidianggap lebih baik dan lebih menarik, sebab mengandungkedua unsur jenis media yang pertama dan kedua.

2. Dilihat dari kemampuan jangkaunnya, media dapat pula dibagi ke dalam:
Media yang memiliki daya liput luas dan serentak seperti radio dan televisi. Melalui media ini peserta didik dapat mempelajari hal-hal atau kejadian-kejadian yang aktual secara serentak tanpa harus menggunakan ruangan khusus. Media yang mempunyai daya liput yang terbatas oleh ruang dan waktu seperti film slide, film, video, dan lain sebagainya.

3. Dilihat dari cara atau teknik pemakainnya, media dapat dibagi kedalam:
Media yang diproyeksikan seperti film slide, film stripe, transparansi, komputer dan lain sebagainya. Jenis media yang demikian memerlukan alat proyekeksi khusus seperti film proyektor untuk memproyeksikan film slide, overhead projector (OHP) untuk memproyeksikan transparansi, LCD untuk memproyeksikan komputer. Tanpa dukungan alat proyeksi semacam ini, maka media semacam ini akan kurang berfungsi. Media yang tidak diproyeksikan seperti gambar, foto, lukisan, radio dan lain sebagainya dan berbagai bentuk media grafis lainnya.

4. Media juga dapat dikelompokkan berdasarkan bentuk dan cara penyajiannya:
Kelompok satu: media grafis, bahan cetak dan gambar diam. Media grafis adalah media yang menyampaikan fakta, ide, gagasan melalui penyajian kata-kata, kalimat, angka, simbol, yang termasuk media grafis adalah foto, grafik, diagram, bagan, sketsa, poster, papan flanel, bulletin board. Media bahan cetak adalah media visual yang pembuatannya melalui proses pencetakan, printing atau offset. Beberapa hal yang termasuk media bahan cetak adalah: buku tes, modul, bahan pengajaran terprogram Gambar diam adalah media visual yang berupa gambar yang dihasilkan melalui proses fotografi, yang termasuk media ini adalah foto.

         Kelompok kedua: kelompok media proyeksi diam yakni media visual yang diproyeksikan atau media yang memproyeksikan pesan, diman ahasil proyeksinya tidak bergerak atau memiliki sedikit unsur gerakan. Jenis media ini diantaranya: OHP/OHT adalah media visual yang diproyeksikan melalui alat proyeksi yang disebut OHP (overhead Projektor) dan OHT biasanya terbuat dari plastik transparan. Opaque projector, adalah media yang digunakan untuk memproyeksikan benda-benda tak tembus pandang, seperti buku, foto. Opaque projector ini tidak memerlukan transpransi tetapi memerlukan penggelapan ruangan. Media slide atau film bingkai adalah media yang diproyeksikan melalui alat yang dinamakan projector slide. Film bingkai ini terbuat dari film posotif yang kemudian diberi bingkai yang terbuat dari karton atau plastik. Media film stripe, atau film rangkai atau film gelang adalah media visual proyeksi diam yang pada dasarnya sama dengan media silde.

      Kelompok ketiga: media audio adalah media yang penyampaian pesannya hanya melalui pendengaran. Jenis pesan yang disampaikan berupa kata-kata, sound effect. Beberapa hal yang termasuk media ini adalah radio, media alat perekam pita magnetik/kaset recorder.

      Kelompok keempat: media audio visual diam, adalah media yang penyampaian pesannya diterima oleh pendengaran dan penglihatan namun gambar yang dihasilkannya adalah gambar diam atau memiliki sedikit gerakan. Diantarnya adalah media sound slide, film stripe bersuara.

       Kelompok kelima: film (motion picture) yaitu serangkaian gambar diam yang meluncur serta cepat dan diproyeksikan sehingga memberi kesan hidup dan bergerak. Ada beberapa jenis film, ada film bisu, film bersuara dan film gelang yang ujungnya saling bersambungan dan tidak memerlukan penggelapan ruangan.

      Kelompok keenam: media televisi adalah media yang menyampaikan pesan audiovisual dan gerak. Diantaranya adalah media televisi, televisi terbatas, dan video cassete recorder.

    Kelompok ketujuh: adalah multimedia, merupakan suatu sistem penyampaian dengan menggunakan berbagai jenis bahan belajar yang membentuk suatu unit atau paket. Misalnya modul yang terdiri atas bahan cetak, bahan audio dan bahan audiovisual.

B. JENIS - JENIS MEDIA PEMBELAJARAN
 
          Setelah dibahas tentang pengklasifikasian media dalam berbagai bentuk, maka berikutnya akan dibahas tentang jenis-jenis media yang digunakan dalam pembelajaran. Dari beberapa pendapat para ahli mengenai pengklasifikasian media yang telah dibahas diatas, maka dapat disimpulkan bahwa jenis dari media pembelajaran itu memiliki beberapa aneka ragam, yang dapat digunakan oleh seorang pendidik sesuai dengan kapasitas media yang dimiliki oleh satuan pendidikan masing-masing dan yang dapat dimanfaatkan sesuai situasi kondisi saat proses pembelajaran.

1. MEDIA GRAFIS
          
          Grapichs berasal dari kata yunani: graphikos yang berarti melukis atau menggambarkan dengan garis-garis (withic&Schuler). Dalam konteks media pembelajaran, media grafis adalah media yang dapat mengkomunikasikan data dan fakta, gagasan, serta ide-ide melalui gambar, simbol, angka-angka, lambang-lambang, kalimat dan kata-kata. Media grafis berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan (Wina Sajaya, 2012:157). Terdapat berbagai macam jenis media grafis yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran,

2. MEDIA BAHAN CETAK
          Media bahan cetak adalah media yang pembuatannya melalui proses pencetakan/printing atau offset. Media bahan cetak ini menyajikan pesannya melalui huruf dan gambar-gambar yang diilustrasikan untuk lebih memperjelas pesan atau informasi yang disajikan (Cepi Riyana, 2012:28).

3. MEDIA PROYEKSI
         OHT (Overhead Transparency) adalah media visual yang diproyeksikan melalui alat proyeksi yang disebut OHP (Overhead Projector). Sedangkan OHP (Overhead Projector) adalah media yang digunakan untuk memproyeksikan program-program transparansi pada sebuah layar. Biasanya alat ini digunakan untuk menggantikan papan tulis (Cepi Riyana, 2012:30).

4. MEDIA PRESENTASI
         Papan tulis merupakan alat bantu yang dapat digunakan sebagai media untuk memperjelas pesan yang hendak disampaikan agar lebih dapat dimengerti oleh penerima pesan. Dewasa ini komputer merupakan alat bantu yang banyak digunakan dalam proses pembelajaran. Mempersentasikan sesuatu seperti ide/gagasan baru dengan menggunakan komputer dapat lebih menarik dibandingkan dengan alat bantu yang lain. Hal ini disebabkan penggunaan program tertentu dalam komputer dapat menyajikan berbagai tampilan yang lebih lengkap dan menarik.

ARTIKEL LAINNYA:
POWER POINT "MULTIMEDIA PEMBELAJARAN"
KLASIFIKASI DAN JENIS MEDIA PEMBELAJARAN
TEKNIK PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE
MEDIA VISUAL, AUDIO DAN AUDIO VISUAL

Komentar